Apa tipe badanmu?

Apa tipe badan mu? kami akan mencoba menjelaskan dan membantu kamu untuk mengidentifikasi tipe tubuh kamu. Kenapa? Karena tinggi badan ideal memerlukanberat badan ideal, untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal.

Tipe tubuh ini bukanlah hal yang baru. Tipe ini sudah dibahas oleh Plato 380 sebelum masehi, diulas kembali oleh Nietzsche dan kembali dipopulerkan oleh William Sheldon. Yup, itu sedikit sejarahnya. Jadi tubuh dapat dipetakan menjadi tiga jenis, yaitu tipe:

  • Endomorph (cenderung besar dan tinggi lemak tubuh),
  • Mesomorph (cenderung berotot)
  • Ectomorph (cenderung kurus)

Dalam kurun 10 tahun terkahir, ditemukan secara ilmiah, bahan genetik mempengaruhi tipe badan seseorang. Yuk, mari dibahas masing-masing tipe, dan temukan tipe tubuhmu dan tips yang dapat membantu kamu membentuk tubuh ideal.

Endomorph
Tipe tubuh yang cukup banyak lemak dan sulit menurunkan berat badan. Umumnya pinggul lebar dan struktur tulang besar. Tipe tubuh endomorph memiliki kemampuan untuk menyimpan lemak, secara evolusi, tipe tubuh seperti ini mampu bertahan hidup karena secara metabolisme mampu menyimpan cadangan makanan dalam bentuk lemak.

Kesalahan yang umum terjadi adalah, menghabiskan waktu di treadmill dengan tipe program lari lama, pelan dengan kinerja kardio yang cendurung tenang. Selain itu mereka juga cenderung menghabiskan waktu dengan gerakan crunch (melatih otot perut). Kedua hal ini lebih baik dikerjakan nanti.

Yang lebih disarankan adalah hypertrophy workout untuk bagian tubuh berlemak yang hendak dipangkas.

Untuk masalah makanan, kaum endomorph perlu lebih berhati-hati, coba dapatkan karbohidrat dari sayur dan buah-buahan. Jangan lupa cukup istirahat dan hindari overtraining. Jangan konsumsi minuman penambah stamina atau minuman tipe sports drinks. Biasanya minuman jenis ini tinggi karbohidrat yang berakibat meningkatkan gula darah.

Tips lainnya adalah jenis latihan yang menggunakan berat badan anda. Contoh chin-up (bergelantungan di batang besi, lalu mengangkat badan dengan kekuatan lengan, bahu dan otot punggung).

Diet yang diperlukan adalah:

  • 2.5g Karbohidrat
  • 3.5g Protein
  • 1.3g Lemak

* per kg dari berat badan (saat hari latihan), pada hari istirahat kurangi karbohidrat menjadi 2g.

Mesomorph
Tipe badan yang bikin kebanyakan orang iri. Tipe mesomorph ini sudah nampak baik tanpa perlu bekerja berat di gym. Selamat kalau tipe tubuh kamu termasuk mesomorph, namun tips berikut akan membuat tubuh kamu lebih oke.

Untuk tipe mesomorph, pembentukan otot disarankan dengan tipe plyometrics workout. Otot mereka juga cenderung dilatih dengan tipe rendah repetisi dan tinggi power. Dengan melakukan interval sprints (lari cepat) dapat memompa metabolisme dan membuang lemak.

Tipe mesomorph cukup beruntung, tubuh mereka akan merespon baik terhadap setiap makanan sehat. Mereka juga bisa mengkonsumsi cukup karbohidrat. Tipe mesomorph ini bereaksi baik terhadap creatine, yang dapat membantu recovery dan meningkatkan stamina.

Diet yang diperlukan

  • 6g Karbohidrat
  • 4g Protein
  • 1.2g Lemak

* per kg berat badan pada masa latihan, Kurangi karbohidrat menjadi 5g pada masa istirahat.

Ectomorph
Adalah tipe pelari marathon yang kurus dan membutuhkan usaha keras dalam membentuk otot.

Untuk kaum ectomorph, lupakanlah treadmill. Jangan coba-coba juga habiskan waktu dengan melatih otot bicep (rutinitas di gym yang sangat umum dilakukan). Jangan habiskan waktu anda pada latihan yang terfokus pada 1 otot, cobalah dengan latihan yang menggunakan banyak otot yang dapat meningkatkan kinerja hormon seperti squat. Latihan otot terfokus tentu tidak salah, tetapi ini adalah tambahan, setelah latihan utama yang menggunakan banyak otot telah dilakukan.

Disarankan kaum ectomorph memiliki jenis latihan dengan set banyak dan repetisi banyak. Seperti supersets, tri-sets, giant sets, drop sets, density sets atau german volume training.

Keuntungan kaum ectomorph tidak perlu khawatir mengenai karbohidrat, namun tetap pilih karbohidrat kompleks seperti gandum, nasi merah. Bantuan suplemen cukup disarankan terutama tipe karbohidrat-protein shake, sebelum dan selama latihan.

Latihan gerakan deadlifts, squats dan benching sangat disarankan.

Diet yang diperlukan:

  • 8g Karbohidrat
  • 4.3g Protein
  • 1g lemak

*per kg berat badan pada masa latihan, kurangi karbohidrat menjadi 7g pada masa istirahat.

-source: Men’s Fitness 10 week body plan 2014

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*