Diabetes Bisa Perpendek Umur 10 Tahun

Separuh dari orang yang terkena diabetes melitus atau penyakit kencing manis tidak menyadari telah terkena penyakit itu. Padahal, deteksi dini penting untuk mencegah komplikasi diabetes.

diabetes sering disebut sebagai “biang penyakit” karena kadar gula darah yang tidak terkontrol dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan organ tubuh.

Usia orang yang menderita penyakit ini juga semakin muda. Faktanya, orang yang sudah terkena diabetes di usia pertengahan bisa memiliki umur yang lebih pendek.

Tim peneliti dari Universitas Oxford melakukan penelitian terhadap setengah juta orang China dan menemukan bahwa mereka yang didiagnosis diabetes sebelum berumur 50 tahun memiliki usia sekitar 9-10 tahun lebih pendek dibanding dengan yang tidak memiliki diabetes.

Menurut ketua peneliti Zhengming Chen dari Universitas Oxford, kondisi tersebut bisa diubah dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

Dengan semakin banyaknya produk makanan manis dan berlemak, para pembuat kebijakan memiliki tantangan yang lebih besar untuk menurunkan jumlah pasien diabetes.

diabetes yang tidak dikendalikan bisa meningkatkan risiko komplikasi mulai dari gagal ginjal, penyakit liver, infeksi, jantung, stroke, dan sebagainya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*