Efektifkah Turun Berat Badan dengan Olahraga Pagi

Latihan di gym berarti tambahan semangat untuk menjalani hari yang lebih sehat dan awet muda. Namun, riset baru membuktikan ada efek negatif dari olahraga setiap pagi hari itu.

Studi menemukan tikus yang melakukan latihan fisik berat di pagi hari ternyata jadi lebih malas di sisa hari. Artinya, aktivitas fisik keseluruhan itu jadi impas karena mereka tak melakukan aktivitas fisik lagi dibandingkan sebelum latihan di gym.

Tim penelitian dari National Institute of Health, Inggris yang dipimpin Timothy O’Neal itu melakukan studi untuk mengerti mengapa olahraga tampak tak efektif pada banyak orang di Amerika Serikat.

“Kendati penting untuk kesehatan secara umum, olahraga umumnya gagal untuk mencapai penurunan berat badan,” tulis peneliti.

Untuk meneliti masalah itu, mereka meletakkan 15 tikus dalam ruangan dengan roda berputar. Pertama, pengenalan roda putar meningkatkan pengeluaran energi harian tikus-tikus ini. Namun pengeluaran energi itu jadi datar setelah satu minggu kendati terjadi peningkatan penggunaan roda.

Di akhir studi mereka menyimpulkan, jumlah penggunaan roda tidak meningkatkan total pengeluaran energi harian tikus-tikus itu. Disimpulkan bahwa di samping peningkatan nafsu makan, olahraga pun menurunkan energi. Keduanya menyebabkan hasil penurunan berat badan yang kurang baik.

Hal itu juga mungkin kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Setelah berolahraga pagi, kita justru menjadi lelah dan mengantuk di siang hari, sehingga malas melakukan aktivitas fisik lainnya. Ada juga orang yang merasa karena sudah berolahraga maka mereka sah saja bermalas-malasan dan makan sembarangan.

Sumber: http://tokosuplemenorganik.blogspot.com/2017/01/efektifkah-turun-berat-badan-dengan.html

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*