Kuku Rapuh.. NO WAY… Ini Tipsnya Agar Kuku Kuat

Memiliki kuku rapuh memang tidak menyenangkan. Beberapa orang bahkan rela mengeluarkan uang lebih untuk melakukan perawatan pada kukunya.

Namun, sebenarnya ada yang bisa kita lakukan di rumah untuk mencegah kuku rapuh dan menjaganya tetap kuat dan sehat.

1. Asupan makanan
Hal utama yang perlu diperhatikan untuk menjaga kuku tetap kuat adalah dengan menngonsumsi makanan yang kaya vitamin B 12 dan biotin. Asupan ini bisa didapat dari kacang, jamur, dan kembang kol.

Cukupkan makanan ini setidaknya dua atau tiga kali seminggu. Selain itu, suplemen biotin alami juga dapat membantu mengurangi masalah kuku rapuh.

2. Terapi air hangat
Satu kali seminggu, rendamlah kuku di dalam air hangat dengan garam. Biarkan selama 10 menit dalam perendaman, kemudian bersihkan dengan kain lembut. Selanjutnya oleskan krim kuku atau krim pelembab tangan pada kuku. Ini akan membantu menguatkan kuku.

3. Minyak sayur
Cobalah ambil sedikit minyak sayur, oleskan pada kuku, biarkan selama 5-10 menit. Kemudian, pijat kuku secara perlahan dan cucilah hingga bersih. Cara ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kuku, serta mencegahnya dari kerapuhan.

4. Pemilihan cat kuku
Bila Anda suka menggunakan cat kuku, hindarilah cat kuku biasa yang mengandung berbagai bahan kimia.

Pilih cat kuku alami yang diperkaya dengan vitamin serta mineral agar dapat membantu meningkatkan kekuatan kuku.

5. Vitamin E dan madu
Campurkan minyak atau vitamin E dengan madu dan terapkan pada kuku dengan bantuan kapas. Setelah dibiarkan beberapa menit, pijat secara perlahan. Gunakan bahan alami dari keduanya untuk memperoleh hasil maksimal.

6. Hindari aseton
Aseton atau zat pelarut kutek yang digunakan terlalu banyak dapat memengaruhi kesehatan kuku. Jadi, gunakanlah seperlunya saja dan selalu pilih aseton dengan kualitas baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*