Perlukah Ganti Nasi Putih Jadi Nasi Merah?

Perlukah kita mengganti nasi putih dengan nasi merah? Seberapa penting kita memakan nasi merah untuk sehari-hari. Mungkin ini jadi pertanyaan kita?

Ada beberapa keunggulan nasi merah dibanding nasi putih sehingga banyak orang yang beralih mengkonsumsi nasi merah, antara lain :
• Kulit luar (bran) pada beras merah tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan secara berlebihan, sehingga bran masih utuh. Bran ini kaya akan serat, mineral (seperti zat besi, zinc, kalium, mangan, dan natrium) dan vitamin terutama vitamin B.

• Kandungan serat pada beras merah akan membantu menurunkan kadar Kolesterol dan  membuat rasa kenyang lebih lama sehingga baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan menderita hiperkolesterolemia.

• Kandungan mineral seperti zat besi, zinc, mangan merupakan bagian dari antioksidan yang penting menjaga daya tahan serta stamina tubuh.

• Demikian juga kandungan vitamin B akan membantu pembentukan serotonin, sel darah merah, metabolisme karbohidrat, dll.

• Beras merah mempunyai indeks glikemik rendah (sekitar 50-55) dibanding beras putih sekitar 56-78 (indeks glikemik tinggi). Indeks glikemik menunjukkan seberapa cepat suatu bahan makanan meningkatkan kadar gula darah dibanding dengan glukosa. Artinya beras merah dapat dijadikan salah satu pilihan yang cukup baik dalam mengendalikan kadar gula darah, asalkan jumlah yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Perlukah kita mengganti nasi putih dengan nasi merah. Memang tidak ada keharusan. Yang penting Fidel harus mengkonsumsi makanan sehari hari berdasarkan pola gizi lengkap dan seimbang. Artinya untuk mendapatkan semua manfaat dari beras merah dapat perolah dari bahan makanan sumber lainnya.

Sebagai contoh mendapatkan manfaat serat dari beras merah dapat melalui sumber serat lainnya seperti sayuran dan buah-buahan. Demikian juga untuk mendapatkan manfaat dari kandungan mineral dan vitaminnya.

Prinsipnya makanlah secara beragam dan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*