Tips Vegetarian, do’s and dont’s

Menjadi Vegetarian atau tidak mengonsumsi daging hewan menjadi pilihan bagi beberapa orang, untuk alasan kesehatan ataupun etis yaitu tidak menyakiti hewan. Jika dilakukan dengan benar, menjadi vegetarian memang bisa menyehatkan. Tidak mengonsumsi dagin hewan terbukti dapat mengurangi kolesterol, mengurangi riskio diabetes dan obesitas, bahkan mengurangi risiko serangan jantung hingga 25%. Namun banyak yang salah kaprah mengenai diet vegetarian ini, banyak yang mamalh memilih makanan yang tidak sehat dan menjadi defisiensi nutrisi. Jika Anda seorang begetarian atau baru tertarik, tidak ada salahnya memahami apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari berikut ini.

Mulai Secara Bertahap, Jika Anda baru mau mulai menjadi vegetarian, mulailah bertahap sehingga badan Anda tidak kaget. Cobalah bertransisi terlebih dahulu dengan menjadi vegetarian paruh waktu. Anda bisa memilih untuk tetap makan dagin pada satu waktu makan, misal pada sarapan saja atau pada makan malam saja, dan selebihnya menjadi vegetarian. Cobalah selama satu bulan sebelum akhirnya menjadi vegetarian secara total.

Konsumsi Suplemen, Dagin hewan adalah sumber dari banyak vitamin yang dibutuhkan badan kita untuk memperlancar sel darah dan menjaga sistem saraf tetap sehat. Kekuranga vitamin dapat mengakibatkan anemia dan berbagai masalah saraf. Oleh karena itu konsumsilah suplemen  vitamim atau produk perlebahan seperti royal jelly atau madu.

Konsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan, pilihlah makana yang berasal dari tumbuhan dengan nutrisi tinggi, seperti sayuran, buah-buahan, gandum utuh, kacang-kacangan, rempah dan lemak nabati sehat, seperti alpukat atau kelapa.

Minum Air Lebih Banyak, Jika Anda melakukan diet vegetarian dengan benar, Anda akan lebih banyak mengonsumsi makanan kaya serat. Oleh karena itu tubuh membutuhkan asupan air lebih banyak, karena badan sulit mengurai serat dalam makanan, dan menerapnya ke dalam aliran darah. Air putih dapat membantu proses ini, jadi lebih seringlah minum air putih. Jika Anda tidak menyukai rasanya yang tawar, tambahkan potongan lemon atau daun mint segar.

Buatlah versi vegetarian dari makanan favorit Anda. Jangan khawatir kehabisan ide makanan yang bisa Anda makan. Anda masih bisa memakan makanan favorit Anda dan menggantinya dengan versi vegetarian dengan mengganti bahan daging dengan makanan yang berasal dari tumbuhan. Jika Anda memilih untuk tidak mengnsumsi produk susu, gantilah dengan susu almond, kelapa atau biji bunga matahari, dan gantilah mentega dengan minyak kelapa. Sekarang ini sudah banyak resep sehat untuk vegetarian yang bisa Anda cari di internet.

Konsumsi Makanan yang mengandung kalsium, Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium banyak didapatkan dari produk susu, jika Anda tida meminum susu sapi bisa diganti dengan susu almond, sus kedelai, atau sus rami. Sumber lainnya seperti tahu, tempe, bok choy, kale, brokoli dan almond.

Kombinasikan makanan zat besi dengan vitamin C, Zat besi yang berasal dari tumbuhan berbeda dengan hewan. Oleh karena itu konsumsi makanan bervitamin C untuk membantu penyerapan zat besi tersebut. Makanan yang banyak mengandung vitamin C antara lain, paprika, jeruk, kiwi, mangga, nenas, papaya, brokoli, tomat dan kubis.

Berikut Apa yang harus dihindari para vegetarian

Makan Tidak sehat, hanya karena Anda menjadi vegetarian, tidak berarti Anda memfokuskan kepada mengonsumsi makanan non hewani. Hanya karena makan tersebut tidak mengandung dagin, tidak berarti makanan tersebut sehat. Roti putih dengan mentega memang vegetarian, namun belum tentu sehat, begitu juga dengan kentang goreng, atau veggie burger, yang ternyata kalorinya lebih besar dibanding burger daging sapi. Jauhi junk food, makanan kalengan atau makanan yang sudah diproses.

Melupakan Protein, daging-dagingan memilki protein tinggi, jadi jika Anda berhenti mengonsumsi daging, pastikan Anda tetap memperoleh alternatif protein. Protein berguna  untuk menjaga dan memperbaiki jaringan-jaringan tubuh, termasuk otot, hormon dan enzim. Jika Anda kekurangan protein, akan mudah terasa lelah, gampang sakit dan kulit serta rambut akan menjadi kering. Sumber protein yang baik: kacang-kacangan, kedelai, tahu, selai kacang dan oatmeal.

Hanya Memakan Makanan mentah, makanan mentah memang menjadi pilihan yang mudah. Namun sayuran, kacang-kacangan dan gandum yang sudah dimasak lebih mudah dicerna oleh tubuh dan memberikan nutrisi lebih banyak. Jangan batasi diri Anda hanya memakan makanan mentah atau sebaliknya, hanya memakan makanan yang sudah dimasak. Kombinasikanlah keduanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*